· Graphics adapter adalah rangkaian elektronik khusus untuk menampilkan gambar dilayar, rangkaian ini terletak didalam card yang ditancapkan ke lubang-lubang (slot) yang berhubungan dengan rangkaian elektronik utama komputer.
· Graphics driver adalah suatu sistem operasi yang dapat mengenal dan mengen-dalikan suatu adapter tampilan tertentu. Graphics driver pada perangkat lunak Pascal biasanya tersimpan dalam berkas-berkas yang berakhiran *BGI. (Borland Graphics Interface).
· Resolotion atau mode daya-pisah adalah ketelitian yang dapat ditampilkan pada layar. Resolusi 640x480 artinya dapat ditampilkan 640 titik piksel pada suatu baris (kiri-kekanan) dan 480 titik piksel pada lajur atas-bawah.
· Pixel ( picture element ) atau unsur gambar ada juga yang menyebut dengan pel adalah sebuah titik(noktah) seperti dalam pelajaran geometri atau persegi panjang kecil yang tinggi dan lebar tidak sama. Sehingga jika digambar bujursangkar dengan sisi – sisi 25 piksel maka didapatkan persegi panjang dengan sisi mendatarnya lebih kecil. Untuk mengatasi ini dikenalkan dengan istilah Aspect ratio.
· Aspect ratio adalah suatu perbandingan tinggi : lebar suatu piksel.
· Memory-mapped graphic setiap piksel yang ditampilkan di layar, adalah cermin dari nilai-nilai yang terdapat dalam suatu lokasi memori komputer. Jadi untuk menghapus , menampilkan dan mengganti warna suatu piksel kita harus memanipulasi nilai dalam memori tertentu . Keadaan ini disebut dengan memory-mapped graphic .
· Unit (pada perangkat lunak Pascal under DOS) adalah kumpulan deklarasi jenis data ( type), konstanta, variabel, prosedur dan fungsi tertentu, yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga tampak oleh compiler sebagai code yang sudah dikompilasi. Unit bawaan pada perangkat lunak Pascal anara lain Dos, Crt, Printer dan Graph.
· Toolbox atau kotak peralatan adalah kumpulan source program yang menjadi dasar pembuatan aplikasi tertentu. Sebelum adanya Toolbox jika seseorang ingin membuat aplikasi tertentu ia harus membuat sendiri rutin-rutin pengelolaan berkas dan record.
· Atribut adalah menjelaskan bagaimana suatu output primitif tertentu ditampilkan. Hal ini termasuk spesifikasi intensitas, warna, jenis garis, lingkaran, dan lain-lain.
· Bitmap font
Adalah metode sederhana bitmap menggunakan pola grid dengan bentuk segiempat, karakter yang menggunakan metode ini disebut dengan bitmap font.Grid dari karakter dipetakan pada posisi frame-buffer, bit yang mempunyai nilai 1 berhubungan dengan tampilan pixel pada monitor.
· Bitmap image
Setiap titik dari gambar dipetakan ke satu atau lebih bit dalam memori komputer. Image yag di simpan dan ditampilkan dengan cara yang sama diseut bitmapped image atau bitmape.
· Bitmap program
Bitmap program juga disebut paint program menyimpan image seperti apa yang ditampilkan pada layar, yang merupakan array dari titik kecil dengan bentuk persegi empat. Bila gambar diedit, pengontrolan warna tiap pixel dapat dilakukan langsung.
· Clipping
Prosedur yang mendefinisikan bagian gambar, baik didalam maupun diluar suatu bidang tertentu hal ini yang d isebut Glipping (pemotongan).
· Clipping window
Adalah bidang dimana gambar di-clip(dipotong)
0 komentar:
Posting Komentar