Prediksi Dunia Blogging Tahun 2009-Search For Blogging

Kemarin saya mendapatkan sebuah tulisan di sebuah blog, yang cukup menarik untuk dikomentari tentang prediksi dunia blogging tahun 2009. Ditulis oleh Mert Erkal, seorang Turki yang mengaku meninggalkan pekerjaan utamanya untuk menjadi seorang blogger profesional.

Berikut ini prediksi Mert Erkal yang akan langsung saya komentari :

* More Interactivity: Saya setuju bahwa blog akan menjadi semakin interaktif. Sebagaimana terlihat juga di tahun-tahun sebelumnya, seperti munculnya Vlog yang memanjakan pengunjung yang kurang begitu suka membaca dengan menampilkan video-video.
* Customization: Platform blog yang ada akan semakin memanjakan para blogger dengan menyediakan kemampuan kustomisasi mesin blognya, sehingga tiap pengunjung akan diberikan tampilan yang berbeda-beda sesuai keinginan si pengunjung itu. Sepertinya yang dimaksud Mert cenderung harapan beliau sendiri, saya rasa tidak semua blogger mempunyai keinginan seperti ini.
* Mobile Blogging: Poin yang ini saya sangat setuju. Dari beberapa tahun belakangan ini sejalan dengan perkembangan blog, beberapa blogger sudah menyediakan versi mobile dari blognya. Terutama pengguna wordpress, sudah ada plugin untuk me-mobile-kan blog. (Sayangnya saya lupa :D Ada yang ingat?)
* Make Money Blogging: Mau tidak mau saya juga setuju dengan poin ini. Krisis Keuangan dunia tahun ini yang sepertinya akan berlanjut di tahun depan, akan membuat orang-orang yang kehilangan pekerjaan mencari cara lain untuk mencari penghidupan. Dengan blog, kita bisa mencari uang, walaupun tidak ada yang mudah dalam pencarian uang lewat blog, tapi dengan kerja keras dan kesungguhan, apapun akan bisa dicapai.
* Companies will discover blogging: Sepertinya memang seperti ini. Perusahaan-perusahaan akan melirik dunia blog sebagai sebuah alternatif metode iklan yang cenderung lebih murah namun cukup efektif.
* Work together: Kalau di Indonesia, kecenderungan kerja bersama para blogger sudah terlihat dari dulu. Para blogger akan saling sahut menyahut untuk mendukung atau menolak sesuatu.
* Building a community: Kalau menurut saya, poin ini sangat terkait dengan poin di atas.
* Bloggers meet SEO: Blogger memang semakin lama semakin pintar dan semakin mengerti arti sebenarnya dari SEO, sehingga tidak lagi mudah percaya dengan para produsen tool SEO yang abal-abal itu.
* Blog Ethics & Rules: Saya juga setuju dengan poin ini. Tinggal tunggu waktu untuk munculnya konvensi tentang Etika Blogging yang bisa dipedomani para blogger.
Category:

0 komentar: